Loading...
Tutorial

Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang

Di era revolusi industri 4.0 ini, smartphone telah menjadi salah satu kunci utama yang berperan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Benda berukuran segenggaman tangan ini dapat menyelesaikan berbagai macam kebutuhan kita, dari hanya sekedar berkomunikasi dengan kerabat, mencari informasi di dunia maya, mendokumentasikan momen-momen spesial, sampai dengan melakukan transaksi bisnis.

Sebagai sesama pengguna smartphone, MTMagz yakin kamu pernah mengalami situasi lupa dimana kamu menyimpan smartphone-mu. Lebih dari itu, barangkali (semoga tidak) ada di antara kamu yang smartphone-nya hilang dicuri. Jangan panik, kita bisa berupaya mencari smartphone android yang hilang tadi dengan beberapa cara, salah satunya adalah melalui fitur Google Find My Device.

Jangan panik, kita bisa berupaya mencari smartphone android yang hilang tadi dengan beberapa cara, salah satunya adalah melalui fitur Google Find My Device. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka web site https://google.com/android/find atau https://android.com/find.login android find
  2. Akan muncul halaman login seperti gambar di atas. Masukkan email sesuai dengan user account yang terdaftar pada smartphone yang akan kita lacak. Klik Next/Berikutnya, masukkan password email tersebut, lalu klik kembali Next/Berikutnya.
  3. Jika berhasil login, maka akan ditampilkan smartphones yang terdaftar dengan akun gmail kita tadi. Kita juga dapat mengetahui kapan terakhir kali smartphone tersebut online, SSID hotspotnya (jika terhubung melalui wifi), dan status battery-nya. Pada sisi sebelahnya tampak lokasi terakhir smartphone tersebut terhubung dengan internet. Namun, lokasi yang ditunjukkan tersebut hanya perkiraan dan tidak seratus persen akurat.
    Android Find 2
  4. Selanjutnya, ada 3 action yang dapat kamu lakukan. Pertama adalah “Play Sound”, yaitu membuat smartphone berdering dengan volume maksimal selama 5 menit. Kedua adalah “Secure Device”, yaitu mengunci smartphone dengan PIN, pola, atau sandi. Kamu juga dapat menambahkan pesan yang akan ditampilkan ke layar smartphone. Ketiga adalah “Erase Device”, yaitu menghapus semua data di smartphone (internal storage saja) secara permanen.
  5. Seluruh aksi yang kita instruksikan tadi akan dijalankan saat smartphones menyala dan terhubung dengan internet.
  6. Setelah itu, jangan lupa juga segera hubungi provider layanan seluler kamu untuk memblokir nomor telepon dan lakukan penggantian password pada aplikasi-aplikasi penting.

Nah, itulah langkah-langkah untuk melacak smartphone android yang hilang melalui fitur Google Find My Device. Adapun untuk melacak iphone yang hilang akan dibahas pada artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat and stay awesome!

One comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *